SESI 1 PAUD BERKUALITAS

Halo semuanya Selamat datang salam sejahtera untuk kita semua Selamat datang kepada Bapak Ibu asesor BAN PDM yang sedang mengikuti acara pelatihan dan penyegaran asesor. Nah saya akan memaparkan mengenai bagaimana sih PAUD berkualitas agar sebagai asesor nanti kita bisa mampu memotret apa-apa saja yang esensial dan kontekstual di sekolah PAUD.

Nah Apa itu PAUD Mari kita bahas bersama.
Beberapa teman asesor yang sudah terbiasa dengan menilai PAUD di Indonesia maka semua yang akan diskusikan hari ini atau saya sampaikan adalah teman-teman sudah mengerti, namun bagi teman-teman yang akan mulai menjadi asesor PAUD maka mari kita diskusikan dari awal apa itu PAUD dan apa urgency dari PAUD.

PAUD akan fokus memberikan stimulasi pada anak-anak di usia 0 hingga 6 tahun. Biasanya disebut dengan Baby House ya, atau pembelajaran di Baby House. Di Indonesia lazimnya PAUD akan dimulai di usia 2-3 tahun hingga 4 tahun dan berakhir di usia 6 tahun.

Di PAUD Beberapa stimulasi yang akan diberikan akan khusus membangun motorik anak, kognitif anak, dan sosial emosional di anak.Mari kita mempelajari tentang apa yang penelitian tentang otak membuktikan bahwa di usia 08 tahun adalah usia terbaik untuk anak berkembang otaknya.

Riset menyebutkan bahwa 0 hingga 4 tahun akan merupakan fase 50% pengembangan otak anak sehingga di usia 04 tahun setiap orang tua adalah guru utama yang akan memberikan stimulasi dan ketika anak masuk di PAUD di usia 3 atau 2 tahun maka guru-guru di PAUD merupakan guru tambahan yang harus mengerti bahwa mereka sedang menstimulasi anak-anak dengan kemampuan perkembangan otak yang tertinggi yaitu 50%.

Di usia 4 hingga 8 tahun kecepatan pengembangan otak terjadi ya jadi artinya di usia PAUD dan usia anak-anak harus mendapatkan perhatian terbaik Bagaimana otaknya distimulasi optimal. Kenapa karena jika
tidak terjadi stimulasi yang tepat maka tidak terjadi sambungan-sambungan yang tepat pula di dalam otaknya sehingga otak yang tidak tersimulasi akan pangkas.

Nah Artinya bahwa bila kita analogikan itu ketika lahir dengan jumlah otak terentu, itu sama dengan kita akan membangun rumah di sebidang tanah. Disebidang tanah, kita sebagai memilik tanah mempunyai semua keluasan untuk mengembangkan rumah. Artinya kalau di anak kita akan mempunyai keluasan untuk mengembangkan ranah anak.

Jadi Artinya kita yang membuat keputusan sekomplit apa sebuah rumah dibangun di sebidang tanah dan sekomplit apa pula anak-anak dapat dikembangkan di usia 0 hingga 8 tahun. Artinya bahwa anak usia dini atau Paud harus mampu memberikan semua fasilitas dan ikhtiar untuk menjadikan anak-anak yang di optimal perkembangan otaknya.

Di dunia pendidikan PAUD merupakan sebuah pijakan pertama dalam memulai fase pendidik jadi artinya anak-anak yang mengikuti pendidikan di PAUD maka harus diberikan haknya stimulasi sesuai dengan tahapan perkembangannya.

Nanti kita akan membahas tentang Apa itu PAUD berkualitas.
Anak usia dini kita ingin kesempatan atau jendela kesempatan yang terbuka di anak tidak disia-siakan oleh guru-guru utama yang bertemu dengan anak yaitu ayah dan ibu dan yang kedua adalah guru-guru di PAUD.

Selanjutnya saya akan membahas tentang Mengapa PAUD ini menjadi sangat esensial. Karena manusia dewasa siapapun dia akan sangat ditentukan oleh masa kecil teruutama bagi anak di usia PAUD jika tidak mampu kekuatan untuk pembangunan pondasi anak maka kelak anak-anak akan mengalami berbagai macam kesulitan dalam belajar. Seperti prakata bahwa kita tidak pernah tahu apa yang akan menjadi minat anak dan apa yang anak dapat pelajari di kemudian hari. Tetapi yang bisa kita pastikan adalah guru-guru di PAUD juga orang tua bagi anak-anak di usia PAUD harus mampu membangun mereka untuk mau belajar, cinta belajar, dan mampu belajar hingga mereka senang untuk melanjutkan terus belajar di fase-fase selanjutnya.

Tugas pendidik PAUD adalah memberikan pijakan awal bagi anak untuk lebih siap saat dikembangkan kemampuannya pada fase-fase berikutnya,
Oleh karena itu seluruh rangkaian rencana pembelajaran harus sangat
memperhatikan kepada apa yang paling dibutuhkan anak di usianya.

Ada dua usia di manusia yaitu usia kronologis dan usia biologis. Di mana usia biologis ditandai dengan umur 1,2,3,4, 5 tahun. Sedangkan usia kronologis adalah usia di mana anak mendapatkan stimulasi yang cukup sesuai dengan kebutuhannya sehingga kita kadang sering mendengar anak-anak yang sudah melampaui fase PAUD namun masih belum teroptimalkan.
pembangunannya sehingga ketika diberikan pembelajaran yang lebih rumit di masa akan datang atau di fase A, B, C di SD maupun SMP dan SMA mereka mengalami kendala.

Jadi Kesimpulannya adalah bagi seluruh teman-teman asesor mari kita
baca bersama-sama PAUD berkualitas yang seperti apa yang seharusnya hadir untuk membangun dan melayani anak-anak bangsa kita terima kasih.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *