SESI 3 MEKANISME AKREDITASI

Nah sekarang kita masuk ke Sesi 3 yaitu tahapan akreditasi

Ini tahapan akreditasi adalah hal-hal yang kita lakukan nih, sebagai asesor apa aja sih yang harus dilakukan kita lihat ya di sini ada beberapa tahapan ada empat di sini mulai dari tahapan KPA.  KPA adalah kondisi atau proses atau tahapan saat asesor menilai dokumen, nah apa yang dinilai dilihat kesesuaiannya kebenaran datanya konsistensinya keterhubungannya antara satu butir dengan butir yang lain dilihat,  Jadi bukan per butirnya aja ya tapi lihat sinkronisasinya misal kurikulumnya sudah menggunakan kurikulum belum dilampirkannya KOSP tapi perencanaannya masih menggunakan perencanaan kurikulum 2013, Nah itu kan berarti enggak nyambung yang dilampirkannya misalkan masih program semester mingguan harian berarti ituh enggak nyambung tuh perlu dikonfirmasi ke asesi sebenarnya nih asesi pakai kurikulum yang mana sih? pakai kurikulum 2013 atau kurikulum Merdeka? kalau ada pertanyaan Emang bolehnya pakai kurikulum yang mana?  Boleh! dua-duanya boleh pakai kurikulum 2013 boleh pakai kurikulum harus konsisten itu yang diharapkan gitu ya.

 Nah ini ada manualnya loh ya Nanti bapak ibu silakan dibaca manualnya meskipun dalam manual tersebut ada beberapa perubahan.  Jadi kita nih sebagai asesor kita juga harus mengupdate apa sih kebijakan-kebijakan baru dari pemerintah dulu saat 2021 ini masih mengacu ke kurikulum 2013 tetapi sekarang sudah banyak satuan Kulum Merdeka maka kita juga mengakomodir kalau mereka menyampaikan dokumennya kurikulum Merdeka maka asesor harus tahu kalau di kurikulum Merdeka dokumennya apa sih.   Boleh enggak? Boleh! tapi harus konsisten kalau kurikulum Merdeka kurikulum Merdeka semua kalau kurikulum 2013 kurikulum 2013 semuanya itu yang harus dipastikan.

Nah kemudian sekarang tahap selanjutnya tadi ya,    dulu ini KPA itu nilainya harus 60% kalau sekarang nilainya Engak harus 60% terus gimana dong? ya kita pakai cut off nanti ada dari BAN PDM-nya ya gitu sampai tanggal berapa nih nih diberi kesempatan untuk memenuhi gitu nah Setelah itu kita lanjutkan visitasi PAUD visitasi untuk PAUD itu dilakukan 1 hari nah oleh dua orang asesor. Kenapa oleh dua orang asesor agar penilaiannya betul-betul mencerminkan performance lembaga dan terhindar dari subjektivitas.  Lalu menilainya kapan? asesor PAUD datang sebelum anak PAUD datang jadi jam berapa Jam sudah diatuan PAUD ya ngapain? lihat gurunya menata lingkungan mainnya lihat gurunya mulai dari nyambut anaknya jadi ketika datang menjadi asesor PAUD datanglah sebelum anak datang .   Gitu ya kemudian teknik pengalihan datanya Bagaimana menggunakan triangulasi data dan di sini harapannya asesor mengumpulkan data memberikan catatan melampirkan bukti yang lengkap.   Nah jadi ketika asesor jadi asesor PAUD tentu saja kita melihatkan saat itu nya Seperti apa mungkin ada dokumen-dokumen yang kita ambil karena enggak mungkin semua butir bisa kita lihat di hari itu jadi tentu saja ada dokumen-dokumen juga yang kita ambil ya.   Nah ini kita simpan, jadi asesor itu jangan ceklis ceklis aja banyakannya kemarin masih kita temukan nih asesor masih nyeklisnyyeklis aja tapi enggak ada bukti lampirannya.  nah itu yang harapannya ke depan diperbaiki kalau di ceklis ada enggak buktinya? mana bukti itu? diceklis ataupun tidak diceklis apa alasannya atau mungkin ada buktinya Kenapa tidak di ceklis misal kayak misalkan ee ada sih kegiatan untuk menstimulasi keaksaraan misalkan,   tapi kegiatannya itu justru mendrilling anak Nah justru malah didriling kegiatannya tidak sesuai dengan prinsip di PAUD.   Nah itu dilampirkan buktinya tapi disilang itu boleh gitu ya,  jadi Kita melampirkan selanjutnya adalah proses validasi validasi itu memastikan penilaian visitasi sesuai ketentuan jadi ada asesor visitasi ada asesor validasi asesor validasi tidak boleh yang visitasi.  Tetapi asesor KPA disarankan yang melakukan visitasi gitu ya jadi asesor KPA salah satunya yang juga visitasi kenapa? Salah satunya yang menilai KPA agar utuh melihatnya antara dokumen dengan performance.   

Nah asesor validasi di sini ketika melaksanakan itu harus melihat nih melihat hasil KPA melihat hasil visitasi gitu melihat dokumen-dokumennya melihat catatan asesornya gitu ya dan kita juga ketika menjadi asesor validasi Harus melihat butir itu secara secara utuh. Itu yang harus dipastikan nah  nanti kan suka ada banding juga nih asesor validasi nih biasanya yang dikonfirmasi.  Nah terakhir adalah penetapan status itu penetapan statusnya tentu saja di pusat ya,  Nah satu hal yang ingin kami Ingatkan ketika asesor validasi itu membuat PHA penjelasan hasil akreditasiM  harapannya ini betul-betul dilakukan.   Kenapa harapannya betul-betul dilakukan karena ini akan menjadi patokan bagi satuan untuk meningkatkan kualitasnya patokan bagi dinas pendidikan untuk melakukan pembinaan.  Nah inilah yang kita harapkan hasil akreditasi itu bukan hanya nilai A B C atau TT,  tetapi ada tindak lanjutnya dari hasil akreditasi yaitu dari PHA penjelasan hasil akreditasi

Demikian Bapak Ibu mudah-mudahan penjelasan singkat tentang mekanisme akreditasi PAUD itu memberikan gambaran seperti apa sih mekanisme akreditasi di tahun 2024 dan kita bisa menjalankannya secara berkualitas tercapai target kita dan kita bisa memberikan yang terbaik untuk asesi sehingga akreditasi ini bisa meningkatkan kualitas assi dan juga menjadi rekomendasi bagi SSI Apa sih yang harus ditingkatkan oleh asesi Bagaimana caranya melalui hasil akreditasi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *