Tag Archives: transkrip video POLA PIKIR DAN ETIKA ASESOR BAN PDM

POLA PIKIR DAN ETIKA ASESOR BAN PDM

Apa sih bedanya apa etika, kode etik, etiket?

Etika, etiket, kode etik, seringkali menjadi tercampur,  itu sebenarnya ada dalam satu kesatuan kalau kita sebagai manusia kan tujuan kita hidup baik. Baik itu berarti benar, jujur sebagai makhluk sosial memberi manfaat apapun tugas tanggung jawab kita.  Nah karena kita ada dalam lembaga lalu ada kode etik, ada peraturannya.  Etiket itu kan peraturannya untuk baik dan benar kan dalam konteks.   Guru,  pegawai itu ada kode etiknya tersendiri makanya itu kode etik,   sementara etiket itu adalah tata cara sopan santun walaupun benar sebagai manusia apalagi manusia timur, kita punya sopan santun.   Nah itu ketiganya menjadi satu kalau kita mau menjadi orang baik dan benar ketiga-tiganya ada,  yaitu berperilaku baik, benar, jujur, tata cara sopan santun yang baik dan benar lalu ada aturan karena kita hidup dalam lembaga ataupun juga sebenarnya masyarakat punya aturan baik tertulis atau tidak tertulis.

Kalau kalau hubungannya sama integritas dengan etika dan etik itu gimana?  Kalau orang itu beretika itu berarti berintegritas,  artinya integritas itu kan kesatuan masing-masing komponen.  Saya ber perilaku sopan santun terhadap masyarakat,  tapi sopan santun itu bukan kamuflase karena mengalir dari sebuah values nilai, jadi jujur, baik, benar bermanfaat kemudian dalam lembaga berintegritas berarti saya sesuai dengan aturan, tempat melaksanakan aturan secara optimal, itu namanya berinegritas.

Apakah berarti orang yang gak berintegritas berarti tidak mempunyai kesantunan begitu?  sekedar kesantunan tidak,  karena kesantunan itulah bagian dari bagaimana mengekspresikan kita tidak bisa mengukur orang dari hanya sisi kesantunan,  tapi yang paling mendasar adalah jujur, di mana pun kita hidup kalau berintegritas berarti jujur,  dan jujur itu dilengkapi dengan benar sesuai dengan aturan tadi, lalu dilaksanakan dalam perilaku yang terus-menerus itu berintegritas.  

Jadi integritas merupakan paduan dari kejujuran, keterbukaan, transparansi, dan lain-lain itu jadi dalam satu kemasan yang namanya integritas?   betul karena kalau kita berperilaku jujur, benar, harus dipertanggung pertanggungjawaban secara public.  Nah itu kan berintegritas karena kita dalam lembaga dengan masyarakat pertanggungjawabannya secara publik tapi pertanggungjawaban secara publik tadi ada ada motivasi values-nya kan jujur dan benar.

Pada prinsipnya ketika kita bertugas ada aturan di dalamnya dan kita mengikuti aturan,  taat kepada aturan karena Aturan itu dibuat untuk membuat kita mengikuti arah pada saat kita bertugas,  jadi artinya kalau kita tidak mengikuti aturan Artinya kita tidak ingin menjalankan tugas itu dengan baik dan ber tanggung jawab.   Kalau kita sebagai asesor kan kita sudah punya kode etik atau peraturan, peraturan itu ruang lingkup di mana kita bekerja jadi untuk semua.  Berarti semua orang bisa saling membantu saling mengukur,  karena itu dia ada peraturannya melakukan peraturan secara tepat benar dengan hati yang jujur menjalankan tugas-tugas secara bertanggung jawab keterbukaan untuk menerima kritik itu salah apa sebagai satu kesatuan orang berintegritas dalam melaksanakan tugas sebagai anggota BAN.

Kalau yang melanggar integritas yang kayak apa melanggar integritas dengan mudah bisa diberi contoh kalau tidak melakukan aturan berarti sudah berjanji mau melaksanakan tugas ini kok tidak melakukan tugas,   1)  tidak menepati janji kita itu sudah melanggar integritas,  2) melanggar kejujuran mudah kan contohnya banyak,  lalu kita bisa dibeli lah disuap itu kan melanggar kejujuran dan itu bertentangan dengan nilai-nilai edukatif yang akan kita sampaikan kepada banyak orang melanggar nilai etika. 

Jadi definisi integritas adalah satunya niat pikiran perkataan dan perbuatan yang baik dan benar di mana pun kita berada, dalam situasi apapun bersama orang lain atau sendirian dan bisa dipertanggungjawabkan kebaikan dan kebenaran itu.   Karena ini dunia pendidikan ya,  jadi aturan saja belum cukup yaitu sudah sudah memenuhi syarat, tetapi itu baru tarap minimal aturan maka karena pendidik ya ada nilai lain ya nilai yang mengalir dari hati nuraninya maka kejernian hati tetap penting.  

Jadi orang-orang yang punya integritas itu tadi  tepat janji, jujur apa adanya,  informasinya apaadanya, informasinya benar bertanggung jawab sesuai aturan kalau lagi melakukan asesment ikut aturan.  kalau negatif-natif segala hal yang bertentangan dengan aturan ya tidak menepati janji melakukan tugas secara tidak bertanggung jawab memanipulasi data kemudian tidak jujur dalam melaksanakan tugas menerima suap kemudian seharusnya itu bertindak jujur adil dan benar tetapi memar up nilai itu kan yang segala hal yang terkait dengan itu lalu tidak berintegritas.   Tapi pernah ada kasus yang dia ditawarin sama sekolah itu gimana Iya kalau misalnya seperti yang tadi disampaikan tapi sekolah yang nawarin gitu tuh gimana ya.  Kalau kita berintegritas dengan tadi dengan etiket yang baik sopan ya menjawab mohon maaf Aturan ini jelas pernah membaca Aturan ini kami sebagai asesor sebagai anggota ban menaati aturan ini selain kita itu pendidik ya kita perlua bertanggung jawab terhadap tugas kita ini untuk anak-anak bangsa menjawab dengan sopan dan dengan baik.   

Untuk punya keberanian ngomong gitu tuh apa yang diperlukan? misalnya Oh ini sudah kami siapkan hotelnya udah oleh-olehnya apa Nah itu apa dalam pikiran dan perasaan seorang asesor sehingga dia mampu menolak itu ya paling mudah itu kalau kita punya aturan ya peraturannya kode etiknya sudah ada kan kita punya jadi anggota BAN atau asesor sudah ada punya peraturannya,  tinggal menyodorkan itu paling mudah karena dengan demikian peraturan tadi menjadi ruang lingkup bekerja Bersama.   Kalau  ditambahkan yang lain misalnya ya saya kita itu sebagai orang beriman Jangan sampailah melakukan hal-hal yang tidak terpuji itu sudah nilai lain tetapi paling mudah itu dengan aturan tadi ini loh aturannya at kami tidak boleh melakukan itu karena harus menjunjung tinggi kejujuran kebenaran dan kebaikan.

Kesimpulan, Saya kira orang-orang pintar ini sudah bisa menyimpulkan bahwa beretika itu berarti memuat values nilai yang diperjuangkan nilai yang baik yang benar yang jujur.   Dua kebiasaan ini perlu pembiasaan, kalau orang tidak memiliki kebiasaan itu ya berat maka ada corps ada kebersamaan yang didukung aturan aturan ini membantu sekali loh karena Aturan itu membuat kita punya rambu-rambu kok ruang lingkup yang jelas tetapi juga punya Corps bersama teman-teman yang lain yang bisa saling mengingatkan kita punya aturan loh Itu yang membantu kita dengan demikian kalau mau beretika ya Salah satu cara yang yang paling mudah mengikuti aturan itu tuntutan minimal yang lain-lain tadi motivasi-motivasi Luhur itu sebagai pend ung lalu membiasakan terusmenerus dan ada kontrol Kalau tidak ada kontrol kita mudah sekali sebagai manusia itu masuk dalam godaan-godaan itu tadi oke.